8 Cara Menentukan Arah Antena TV Digital Agar Menangkap Banyak Channel

 

Untuk menikmati siaran TV digital, perangkat antena dan televisi merupakan dua hal yang saling terkait. Televisi wajib dilengkapi dengan antena supaya dapat menangkap sinyal siaran TV yang dipancarkan oleh stasiun televisi melalui tower pemancar.

Namun, berbeda dengan TV analog, TV digital memiliki sistem kerja yang berbeda sehingga memerlukan pengaturan antena yang tepat untuk mendapatkan kualitas gambar yang optimal di layar televisi. Oleh karena itu, posisi dan arah antena TV sangat berpengaruh terhadap kualitas sinyal yang diterima.

Sebagaimana yang kita ketahui, Indonesia telah resmi beralih dari sistem penyiaran televisi analog ke televisi digital pada tanggal 2 November 2022. Walaupun kualitas gambar dan suara antara kedua sistem ini berbeda, baik siaran analog maupun digital tetap membutuhkan bantuan perangkat antena untuk menerima sinyalnya.

Cara Menentukan Arah Antena TV Digital

Berikut akan kami jelaskan tentang 8 cara menentukan arah antena TV digital agar menangkap banyak channel siaran Televisi.

1. Arahkan Antena Sama Dengan TV Analog

Tidak perlu khawatir atau bingung saat ingin mengatur posisi dan arah antena TV digital agar mendapatkan siaran yang maksimal. Sebenarnya, arah dan posisi antena TV digital tidak jauh berbeda dengan antena TV analog.

Anda bisa meniru arah dan posisi antena TV analog yang sudah terpasang sebelumnya, atau bahkan meniru arah antena tetangga sekitar yang telah teruji dapat menangkap sinyal dengan baik. Dengan melakukan hal tersebut, dipastikan Anda akan mendapatkan siaran TV digital dengan kualitas yang baik.

2. Arahkan Antena Ke Ibukota Provinsi

Mengarahkan antena TV ke lokasi ibukota provinsi merupakan trik yang umum dilakukan sejak dahulu untuk mendapatkan siaran yang lebih baik.

Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa ibukota provinsi umumnya memiliki banyak penduduk, sehingga perusahaan televisi biasanya membangun menara pemancar di sekitar daerah tersebut.

Oleh karena itu, kami merekomendasikan Anda untuk mengarahkan antena TV ke arah ibukota provinsi atau kota-kota besar di dekat tempat tinggal Anda untuk mendapatkan siaran yang lebih banyak.

3. Cari Tahu Posisi Tower

Anda bisa melakukan penelitian singkat untuk mengetahui lokasi persis pemasangan tower pemancar siaran televisi di daerah Anda. Dengan mengetahui lokasi tower tersebut, kemungkinan besar antena TV Anda akan dapat menangkap lebih banyak siaran TV.

Anda tidak harus terjun langsung ke lapangan untuk menemukan lokasi tower tersebut, karena Anda juga dapat memanfaatkan internet untuk mencari informasi tersebut, seperti melalui berita atau sosial media.

4. Gunakan Antena yang Tepat

Pilih antena TV digital yang sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa jenis antena yang dapat digunakan, seperti antena indoor dan outdoor. Jika jarak antara rumah Anda dan stasiun televisi cukup jauh, maka sebaiknya menggunakan antena outdoor yang memiliki daya tangkap yang lebih kuat. Atau anda juga bisa mencoba untuk membuat antena sendiri dirumah.

5. Tiru Posisi Antena Tetangga

Cara termudah untuk mengatur posisi antena TV digital adalah meniru antena tetangga di sekitar. Trik ini sangat efektif terutama jika Anda tinggal di daerah padat penduduk.

Cukup perhatikan lingkungan sekitar dan tiru cara tetangga Anda menentukan arah dan posisi antena mereka. Namun, di daerah pedalaman atau dengan populasi yang jarang, trik ini mungkin sulit untuk diterapkan.

6. Amplifier

Anda dapat menggunakan amplifier untuk meningkatkan sinyal yang diterima oleh antena. Amplifier biasanya dipasang antara antena dan televisi dan dapat membantu menguatkan sinyal yang diterima.

7. Posisi dan Orientasi Antena

Pastikan antena TV digital terpasang dengan benar dan diatur dengan baik. Cobalah memutar dan mengarahkan antena ke berbagai arah untuk mencari posisi terbaik yang dapat menangkap siaran yang lebih banyak.

8. Pergunakan Software

Pada beberapa TV digital terdapat fitur software penalaan TV yang bisa membantu Anda mencari siaran yang tersedia di wilayah Anda. Dalam fitur ini biasanya terdapat opsi untuk mencari dan menyimpan siaran TV digital yang tersedia di wilayah Anda.

Dengan mengikuti beberapa tips tersebut, diharapkan Anda dapat mengatur antena TV digital dengan baik sehingga bisa menangkap siaran televisi dengan lebih banyak dan lebih jelas.

Baca artikel lainnya :
Demikian artikel tentang 8 Cara Menentukan Arah Antena TV Digital Agar Menangkap Banyak Channel, Semoga bermanfaat.