Cara Mengatasi TV Digital Tidak Bisa Menangkap Sinyal

Cara Mengatasi TV Digital Tidak Bisa Menangkap Sinyal - Kita harus benar-benar menyiapkan beberapa hal dalam menyambut program Analog Switch Off (ASO), dimana dintaranya menyiapkan kemungkinan perangkat TV atau Set Top Box (STB) tidak menerima Sinyal.

Baca Juga : Cara daftar paket Tri 25GB Rp. 25.000

Jika anda mengalami permasalahan perangkat susah menerima sinyal, bisa jadi ada permasalahan pada antena atau setela kabelnya. Kalian juga perlu mengeceknya ketika mendapatkan masalah tak dapat menangkap sinyal. Berikut ini penjelasannya.

Cara Mengatasi TV Digital Tidak Bisa Menangkap Sinyal

1. Adanya Masalah Kabel

Coba cek sambungan kabel antar antena dan STV atau TV digital. Jika terdapat colokan yang rusak maupun kotor (penyok). Atau tidak terhubung sempurna, maka bisa jadi ini penyebab sinyal tidak bisa ditangkap dengan baik.

2. Posisi Antena 

Posisi antena juga berpengaruh sama kemampuan perangkat dalam menangkap sinyal. Kalian perlu memperhatikan masalah ini dengan baik, terutama bagi kalian yang lokasinya berada di bangunan yang padat.

Jika antena posisinya begerak sedikit saja, maka itu bisa mempengaruhi kualitas kemampuan menerima sinyal. Tidak hanya itu, posisi antena yang berdekatan juga akan terjadi perebutan sinyal antar antena. Solusinya, silahkan atur posisi dengan memberi jarak yang baik.

3. Kualitas Antena  

Selanjutnya, cara dalam mengatasi masalah sinyal lemah adalah dengan mengecek kualitas antena itu sendiri. TV maupun STB mmerlukan antena dalam menangkap siaran digital, ukuran dan lokasinya juga sangat berpengaruh.

Baca Juga : 3 Cara streaming Liga Eropa tanpa Aplikasi

Anda sebaiknya jangan menggunakan antena yang ukurannya kecil jika berada di daerah gedung-gedung pencakar langit. Karena akan kesulitan dalam menangkap sinyal.

4. Setelan STB

Cara atasi antena susah nerima sinyal adalah dengan mengecek setelah STBnya. Pasalnya perangkat STB punya setelan yang berbeda-beda. 

Maka dari itu, sebalum kalian menggunakannya, sebaiknya pahami dulu denga baik sistem pengaturannya. Cara paling efektif sih degan membeli STB yang resmi serta yang tersertifikasi dari lembaga Kominfo.

Baca Juga : 5 Keuntungan berpindah dari TV analog ke TV Digital

Cara Pasang STB ke Perangkat TV

Meskipun sekarang ini lagi ada perpindahan ke televisi digital, namun anda tidak usah ikut membeli perangkat TV baru. TV analogpun sebenarnya masih bisa dipakai walaupun belum memenuhi standar TV digital, yaitu dengan menggunakan STB.

Untuk mengatur STB, silahkan simak caranya dibawah ini:

  • Anda harus memastikan daerah anda sudah tersedia siaran televisi digital.
  • Pastikan juga telah memiliki antena UHF, yaitu jenis antena luar ruangan dan dalam ruangan.
  • Selain itu juga pastikan bahwa TV anda telah dilengkapi dengan set top box DVBT2, guna menerima siaran TV digital.
  • Jika TV anda telah terhubung, silahkan mulai hidupkan perangkat TV dan ubah ke AV. 
  • Selanjutnya, klik opsi pengaturan, lalu pilih auto scan untuk memindai program siaran TV digital.

Demikian artikel tentang Cara mengatasi TV Digital tidak bisa menangkap sinyal, Semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar