Kupas Tuntas PC AIO dari Definisi sampai Harganya

Hayo, siapa yang lagi nyari komputer atau laptop? Di antara beberapa tipe gadget yang perlu kamu pertimbangkan, ada satu nama yang "worth it" dipertimbangkan, yakni All in one computer alias PC AIO.

Seperti apa sih gadget ini dibanding yang lain? Apakah lebih praktis daripada laptop? Dan apakah lebih wuss dibanding komputer desktop?

Duh, daripada bingung-bingung, mendingan kamu baca penjelasan di bawah ini. Simak baik-baik jadi kamu nanti bisa dengan tepat memutuskan untuk membelinya ataupun tidak.

pc aio

Apa itu PC AIO?

Singkat kata yang dimaksud dengan AIO PC adalah komputer versi efisien. Bentuknya lebih ringkas, komponennya lebih sedikit, dan desainnya secara umum lebih minimalis.

Varian komputer ini harus dibedakan dari PC mini, ya. PC mini bukan hanya lebih kecil, namun juga lebih terbatas penggunaannya. Sementara AIO tidak demikian. 

Feature yang ditawarkan AIO seringkali setara dengan feature yang ditawarkan PC desktop. Namun ukurannya lebih kecil di mana bagian CPU dan monitor digabungkan. Dus, membuat desainnya terlihat sangat stylish, tidak belibet, dan mudah dibeli orang awam.

Loh kok mudah dibeli orang awam? Ya jelas dong. Sebab orang awam seringkali kesulitan membeli PC dekstop. Mereka tidak mampu memasangnya sendiri. Dengan membeli tipe all in one, mereka cuma perlu membawanya pulang dan mencolokkannya langsung. Tak perlu repot-repot rakit PC yang cukup menguras biaya bagi mahasiswa akhir.

Apa Bedanya PC AIO dengan PC Dekstop?

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan perbedaan All in One Computer dengan komputer biasa, yaitu:

  1. Tidak perlu dirakit, semua komponen sudah dirakit dari sananya
  2. Lebih ringkas dan sedikit bagian-bagiannya

Sedangkan dibanding PC mini, tipe ini menawarkan feature yang jauh lebih beragam. Kualitas featurenya pun tak lebih rendah dari PC rakit biasa.

Apa Bedanya All in One Computer dengan Laptop?

Terus apa bedanya tipe ini dengan laptop atau notebook? Tentu saja sangat berbeda, yaitu dalam hal:

  • Tampilan: secara umum all in one computer memiliki tampilan monitor dan keyboard ala PC biasa.  
  • Mobilitas: tidak bisa dibawa kemana-mana sebagaimana notebook ataupun laptop.

Apa Saja Kekurangan dan Kelebihan PC AIO?

Berikut ini beberapa kekurangan dan kelebihan PC AIO:

Kelemahan

  • Harga yang lebih mahal dibanding komputer biasa
  • Tidak mudah diotak-atik spesifikasinya sesuai dengan kebutuhan
  • Perbaikan lebih sulit dilakukan. Sebab, komponen komputer terpasang dalam space yang lebih sempit dan juga sulit untuk dibuka.

Kelebihan

  • Desainnya apik dan sangat indah. Buat kamu yang WFH dan ingin memiliki ruang kerja yang keren, maka PC ini bisa jadi pilihan. 
  • Lebih simpel dan hemat ruang
  • Tidak perlu dirakit manual
  • Featurenya setara komputer dekstop biasa (beda dengan mini PC).

Berapa Harga All in One Computer?

Salah satu kekurangan PC AIO memang dari aspek harganya. Dibandingkan dengan komputer biasa, kamu harus merogoh kocek lebih dalam.

Hingga saat ini, rentang harga produk ini biasanya dibanderol di kisaran 8 juta ke atas. Spesifikasi dengan nominal tersebut pun lebih rendah dari komputer rakit sendiri.

Namun sekali lagi, dengan harga ini, orang awam memang lebih terbantu. Mereka tak perlu pusing-pusing merakit komputernya. Mereka pun mendapatkan alat elektronik yang jauh lebih simpel dan juga stylish.

Jadi kalau kamu punya uang, anti ribet, dan mau work space yang stylish, beli saja PC AIO!

Related Posts

Posting Komentar