Maknyuss Ini 5 Kelebihan PC AIO Komputer Dibanding Desktop PC

Helo gengs semua! Buat kamu yang sedang cari gadget untuk kuliah atau kerja, wajib rasanya mempertimbangkan 3 kelebihan PC AIO di bawah ini.

Ya, AIO atau All in One Computer adalah salah satu jenis komputer dekstop yang modern, minimalis, sekaligus canggih. Singkatnya, kalau PC dekstop biasa terdiri dari CPU dan layar yang terpisah, nah AIO ini menggabungkan monitor dengan PC menjadi satu bagian.

Alhasil? Tentu banyak kelebihan yang akhirnya cukup patut dipertimbangkan.

kelebihan pc aio

Lima Kelebihan PC AIO

1. Ringkas dan Praktis

Dengan desain yang menggabungkan CPU dengan monitor, sudah pasti gadget ini jauh lebih ringkas dan praktis dibanding PC biasa. Keringkasan tersebut membuat All in One Computer tidak makan banyak tempat di sebuah ruangan. Jadi bila kamu tinggal di kos atau memiliki rumah yang kurang luas, AIOC cukup patut dipertimbangkan. 

2. Lebih Menawan

Dari segi desain, gadget ini terlihat lebih menawan dengan kesan minimalis dan modern. Bagaimana tidak? Umumnya komputer desktop biasa agak terkesan awut-awutan dengan bagian-bagian yang terpisah dan tersambung dengan kabel di sana-sini. Sementara All in One Computer hanya terdiri dari satu bagian utama yang merupakan kombinasi CPU dan layar serta bagian pendukung seperti keyboard.

3. Terbaru 

Kelebihan PC AIO berikutnya terletak pada teknologi yang digunakan. Berbeda dengan desktop computer yang sudah dibuat sejak zaman dulu, varian ini termasuk baru dipasarkan. Karenanya, teknologi yang digunakan pun secara umum sudah merupakan teknologi termutakhir alias yang paling baru.

4. Mudah Dibawa Kemana-mana

Dengan jumlah bagian yang tak banyak dan desain yang ringkas, AIO komputer sangat mudah dibawah kemana-mana. Jadi buat kamu yang harus sering pindah – tapi merasa tidak sreg membeli laptop – PC ini bisa dijadikan solusi. Sudahlah layarnya besar dan memuaskan, modelnya pun ringkas dan tak menyulitkan ketika harus dipindahkan.

5. Tak Perlu Ribet Membeli Bagian Terpisah dan Merakit PC Sendiri

Meski komputer sudah menjadi “perabot” rumah tangga umum, namun realitanya tak banyak orang yang bisa merakit PC sendiri. Apalagi di kalangan orangtua, anak-anak, dan kaum hawa. Umumnya mereka harus menggunakan jasa rakit professional dengan ongkos tambahan tersendiri. Meski murah, namun kadang proses perakitan ini merepotkan lho. 

Dengan komputer AIO jelas hal ini bisa dihindari. Anda tinggal ke toko komputer, memilih All in One terbaik dan langsung membawanya pulang untuk digunakan. Tak perlu repot-repot membeli bagian yang terpisah lalu merakitnya!

Kekurangan Kompiter AIO

Meski demikian, memang tak bisa dipungkiri bahwa di balik 3 kelebihan PC AIO tersebut, juga terdapat beberapa kekurangan yang tak bisa diabaikan. Dalam hal ini, salah satu kekurangan utama jenis gadget ini adalah harganya yang jauh lebih mahal dibanding komputer biasa.

Berdasarkan harga diurvey di pasaran, sampai hari ini, harga PC All in One berkisar mulai dari 6 juta hingga puluhan juta rupiah. Jadi bila gadget kamu di bawah 6 juta, mending tabung-tabung dulu sebentar atau beli saja PC desktop biasa.