6 Cara Memperbaiki Remot Tv yang Tidak Merespon

Cara memperbaiki remot tv yang tidak merespon - Remote TV tiba-tiba tidak bisa digunakan? Sudah dicoba ganti baterai tetapi tetap tidak bisa mengakses televisi? Wah, itu tandanya ada persoalan teknis pada remote kamu. 

Masalah ini pasti terjadi ketika remote sudah usang dan tidak sengaja jatuh dan membuat remote rusak cukup parah. Jika sudah begini, mau tidak mau remote harus direparasi agar kembali berfungsi. Tapi jangan khawatir! Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan  cara memperbaiki remote TV yang tidak merespon. Apa saja yang harus kamu siapkan? Mari bahas pada artikel berikut ini!

Panduan ini bisa dugunakan untuk semua merk tv, seperti Sharp, LG ataupun yang lainnya seperti receiver Kvision, Nex Parabola maupun Transvision.

Cara Memperbaiki Remot TV yang tidak merespon

cara memperbaiki remot tv yang tidak berfungsi
picture : halongpearl.vn

1. Mengganti Baterai Remot TV

Beberapa orang kerap kali lupa mengganti baterai sampai kelanjutannya remot TV tidak berfungsi.  Untuk itu, sebaiknya kamu mengecek baterai remot TV terlebih dahulu.  Jika memang sudah habis, maka kamu bisa mengganti baterai agar remot TV kembali berfungsi. Untuk mengganti remot Tv, kamu bisa mengakses bagian belakang remot Tv.

Baca Juga : Cara mencari sinyal TV Digital

Kemudian, masukkan baterai yang disesuaikan dengan tipe dan jumlah dari remot TV itu.  Setelah itu, kamu bisa mencoba menggunakan remot TV kembali.

2. Bersihkan Tombol Remot TV

Jika setelah mengganti baterai, tapi remot TV masih tidak berfungsi, maka kamu bisa mencoba cara lainnya.  Salah satunya dengan membersihkan bagian kira-kira tombol remot TV yang barangkali kotor agar tidak berfungsi dengan baik. 

Bersihkan remot TV dengan baik dan hati-hati agar bisa kembali normal. Kamu bisa menggunakan tisu kering/basah, tapi sebaiknya tidak amat basah.

Baca Juga : Cara menggunakan Easycap untuk mencari sinyal parabola

Siapkan remot yang ingin dibersihkan, lap bagian tombol remot atau kamu juga bisa terhubung remot dan mengambil bagian keypad–nya saja. Setelah dibersihkan menanti beberapa menit sampai kering dan coba gunakan remot TV kembali.

3. Perbaiki Sensor Remot TV

Berikut cara memperbaiki remot tv yang tidak meresponlainnya adalah Karena, bisa jadi sensor remot TV terhalang debu atau pecahan dari plastik remot supaya tidak berfungsi. Untuk memperbaikinya, kamu perlu memastikan sensor remot tidak terhalang oleh partikel debu atau benda apapun. 

4. Bersihkan besi penghubung

Nah selanjutnya masukkan baterai remot tv, kemudian cek bagian besi yang berkarat. Jika penghubung remot TV berkarat, besar bisa saja baterai baru yang dimasukan tidak akan berfungsi dengan baik karena terhalang oleh zat oksidasi.

Baca Juga : 5 cara daftar IPTV smarter dengan mudah

Untuk selesaikan kasus ini, kamu perlu membersihkan besi penghubung dengan cairan khusus anti zat oksidasi.pertama, siapkan cairan antikarat terlebih dahulu dan buka bagian belakang remot. Kemudian, bersihkan bagian besi penghubung remot yang berkarat dan coba kembali remot Tv.

5. Atur Kembali Setingan Remot TV

Cara memperbaiki remot TV yang tidak merespon lainnya adalah dengan mengatur kembali settingan atau pengaturannya. Hal ini biasanya terjadi pada pengguna remot TV universal yang bisa digunakan untuk seluruh merk. 

Untuk memperbaiki error atau lock pada remot universal, kamu perlu mereset pengaturan password kode televisi dan memasukan kata sandi baru. Jangan hingga remot tv universal kamu terkunci lagi dan pastikan kamu menyimpan password barunya.

6. Bawa ke Tukang Service Elektronik

Jika cara memperbaiki remot tv yang tidak merespon di atas tidak membantu, barangkali kamu perlu membawa remot tv itu ke tukang servis elektronik. Umur remot dan komponen yang ada didalamnya perlu penanganan khusus atau barangkali harus diganti untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik. Nah, itulah tadi sedikit pemparan tentang cara memperbaiki remot tv yang tidak merespon. 

Demikian 6 cara memperbaiki remot tv yang tidak merespon, semoga bermanfaat.

Related Posts

Posting Komentar