Cara Membuat Balun Antena TV uhf Sendiri Dirumah

Cara membuat balun antena tv uhf bisa jadi alternatif penangkap frekuwensi Tv. Tujuan antena adalah untuk mencegat gelombang radio dari stasiun televise, yang diinginkan dan mengubahnya jadi arus bolak -Balik frekuensi radio kecil, yang diterapkan ke tuner televisi, yang mengekstraksi frekuwensi televisi. Sebelum lanjut baca anda bisa baca artikel saya yang lain tentang antena uhf.

Para insinyur menyebut antena TV sebagai 'Array yagi'. Pelat logam di ujung array memantulkan frekuwensi ulang ke panjangnya. Struktur seperti batang paralel yang membentang di sepanjang antenna, ditempatkan secara khusus untuk mengoptimalkan daya frekuwensi.

cara membuat balun antena tv uhf
sumber : asal-wae.blogspot.com

Cara Membuat Balun Antena TV uhf Sendiri Dirumah

Antena terus dibutuhkan untuk menangkap frekuwensi, dan juga mengubah frekuwensi digital yang diterima antena menjadi frekuwensi analog, yang diteruskan ke pesawat TV analog. Ini sebabnya, meski kini siaran TV sudah beralih ke digital, antena adalah alat yang masih wajib digunakan.

Cara membuat antena TV

Jika kamu sudah penasaran bagaimana cara membuat balun antena tv uhf, inilah klarifikasi lengkapnya. Jangan lupa untuk mencermati alat dan bahan yang diperlukan terlebih dahulu, supaya tidak repot nantinya.

Alat dan bahan:

  • Papan kayu berukuran panjang 55 cm dengan spesifikasi of 2,5x7,5 cm atau 5x7,5 cm
  • Spidol atau pensil
  • Sekrup
  • Cincin washer
  • Dawai tembaga atau gantungan baju dawai berukuran 4,5 m
  • Dua jaring panggangan berukuran 38x23 cm
  • Balun
  • Kabel coax
  • Alat pemotong kabel
  • Obeng

Cara membuat antena Tv:

  1. Letakkan papan secara mendatar, buatlah garis dari kiri ke kanan di ukuran 5 cm, 18 cm, 30 cm, dan 45 cm. Gunakan spidol atau pensil.
  2. Buatlah 2 tanda titik pada tiap-tiap garis secara merata.
  3. Pangkas dawai tembaga jadi 8 bagian. Tiap tiap bagian wajib berukuran panjang 35 cm.
  4. Bengkokkan tiap bagian dawai. Pada bagian perlu dibengkokkan agar tiap-tiap sisi berukuran panjang 18 cm. Celah di antara tiap-tiap sisi kudu berukuran panjang 7,5 cm. Setelah selesai, tiap tiap dawai wajib menyerupai bentuk "V".
  5. Pasang dawai berbentuk “V” pada papan. Pasang bagian tengah (Bagian yang bengkok) masing-masing dawai pada bagian yang diberi tanda titik di papan, memakai sekrup dan cincin washer. Sesudah selesai, tiap dawai berbentuk “V” akan memanjang keluar papan.
  6. Buat jalinan 2 dawai terhadap papan.
  7. Bagian dawai berbentuk “V” yang dibengkokkan wajib saling bersilangan. Dawai bukan boleh saling bersentuhan. Pastikan setidaknya tidak benar satu dawai yang dijalin punya sekat. Sekat berbahan vinil dapat digunakan.
  8. Sesudah selesai, dawai akan menyerupai 2 bentuk “X” yang menyambungkan antara dawai bagian pertama, kedua, ketiga, dan keempat, secara berurutan. 2 garis mendatar kudu menyambungkan bentuk “X” antara bagian kedua dan ketiga terhadap dawai berbentuk “V”.
  9. Pasang reflektor (Jaring panggangan) terhadap papan. Kedua reflektor wajib terpasang secara merata terhadap bagian belakang papan. Masing-Masing reflektor wajib berukuran 38x23 cm.
  10. Gunakan sekrup untuk merampungkan pekerjaan ini. Reflektor bukan boleh menyentuh dawai berbentuk “V”.
  11. Pasang balun terhadap 2 bagian sedang dawai. Balun merupakan transformator yang bisa dibeli lewat internet atau toko elektronik. Ikuti petunjuk yang terdapat terhadap kemasan balun.
  12. Pasang antena terhadap televisi Hd. Gunakan kabel coax, yang dapat dibeli lewat internet atau toko elektronik. Ikuti petunjuk yang terdapat terhadap kemasan kabel coax.

Dan itulah cara membuat balun antena tv uhf dengan mudah. Semoga informasinya bermanfaat. Dan sampai jumpa pada artikel berikutnya. 

Jika kamu malas buat antena balun sendiri dirumah dan ingin membeli antena UHF secara instan, silahkan baca artikel tentang 5 rekomendasi antena uhf terbaik.

Related Posts

Posting Komentar