3 Cara Simpel Memasang Converter RCA to HDMI

Converter RCA to HDMI merupakan suatu alat yang berfungsi untuk mengubah dari input kabel HDMI ke kabel RCA, atau kabel audio video biasa. Selain itu, kita bisa menyambungkan laptop ke TV Tabung, atau proyektor yang tidak memiliki port Hdmi.

Tak hanya itu, Converter RCA to HDMI punya manfaat untuk mempengaruhi frekuwensi ldari Composite Audio Video, jadi Hdmi. Kualitas gambar dan suara yang dihasilkan juga akan setara dengan kualias Av. 

Untuk sumber daya (Power), bisa diambil dari port USB di perangkat atau memakai adaptor Usb. Cara pemasangannya pun sangat mudah. Kamu cukup mengikuti langkah-langkah berikut ini:

converter rca to hdmi

Cara Memasang Converter RCA to HDMI dengan Mudah dan Benar!

Cara Pemasangan Converter RCA to HDMI

  • Sambungkan kabel RCA ke output di alatnya, lalu sambung ke bagian input di TV / proyektor.
  • Sambungkan kabel HDMI dari laptop ke input HDMI di alat converter.
  • Tergantung TV / Alat yang ingin disambung, kita wajib (Atau tidak harus) menggunakan adaptor / charger handphone, untuk mentenagai alat ini.

Kelebihan HDMI 2 AV (Rca) Converter

Kelebihan dari alat ini ialah kita bisa menyambung dari HDMI ke Tv, Proyektor (Ohp) atau alat lainnya, yang belum memiliki port HDMI, dan hanya memiliki input RCA / Audio Video saja.

Kelebihan kedua, alat ini kita bisa memisahkan audio dan video dari kabel Hdmi. Jadi, kita bisa menyambung video ke proyektor, sedangkan untuk audio kita bisa menyambung ke perangkat sound system yang lebih bagus.

Keunggulan ketiga, misalnya jika kita ingin pasang projektor dengan lokasi yang jauh dari sumber input HDMI, maka dengan memakai alat ini, kita bisa menyambung ke lokasi yang jauh hanya dengan menggunakan kabel video / rca. Kamupu bisa mendapatkannya hanya dengan harga yang lebih murah, dibandingkan kita membeli kabel HDMI / VGA yang lebih mahal.

Spesifikasi Converter RCA to HDMI1. Input ports: Composite Av, USB power

  1.  Ntsc/Pal compatible
  2.  Output ports: HDMI
  3.  Output resolution (At 60hz): 720p, 1080p
  4.  Power: 5v DC

Informasi  tambahan:

Kabel RCA dan HDMI adalah 2 jenis kabel, yang berfungsi untuk menyambungkan set top box ke televisi kamu. Saat membelinya, pastikan jenis kabel yang ada di set top box, sesuai dengan jenis TV kamu!

Jika TV di rumah kamu merupakan TV lama atau TV tabung, pastikan membeli STB dengan kelengkapan kabel RCA ya! Tetapi jika TV kamu sudah generasi LED TV, biasanya sudah ada colokan Hdmi-Nya. Jadi, pastikan membeli STB dengan jenis kabel yang sesuai dengan keperluan televisi kamu.

Catatan:

Jika kabel ingin disambung ke TV Tabung zaman dulu (Tv tua), maka ikuti cara di bawah ini:

Jika kamu ingin menggunakan alat ini untuk menyambung kabel HDMI dari laptop, atau media lainnya ke TV tabung, atau alat lainnya yang dari generasi masa lalu, maka kita harus mentenagai alat ini dengan cara disambungkN ke adaptor / charger handphone.

Baca Juga : Converter HDMI to RCA

Alasannya adalah karena untuk TV masa dulu masih merupakan TV analog, sehingga alat ini berfungsi untuk mempengaruhi frekuwensi digital HDMI, menjadi frekuwensi analog yang dapat terbaca di TV Tua.

Sebagai catatan, jika kamu ingin menyambungkan dari HDMI ke RCA di TV modern, sebenarnya kita tidak perlu membeli alat ini, tetapi kita mampu langsung membeli kabel HDMI to RCA dengan harga yang lebih murah.

Itulah sedikit penjelasan tentang Converter RCA to Hdmi. Semoga informasinya bermanfaat!


Related Posts

Posting Komentar