Cara Pasang Converter HDMI to RCA beserta cara kerjanya

Pernahkah kamu mendengar istilah Converter HDMI to Rca? Bagi orang yang sudah berkecipung di dunia teknisi, pastinya istilah itu bukanlah sesuatu yang asing. Namun bagaimana bagi orang yang baru mempelajari, dan mau memasangnya, Pastinya sangat membingungkan.

Dan bagi kamu yang ingin tahu akah hal itu, maka di artikel ini, penulis akan memberi tambahan penjelasannya tentang Converter HDMI to Rca. Dan mari kita bahas mulai dari pengertian Hdmi:

Apa itu HDMI?

HDMI adalah singkatan dari "High Definition Multimedia Interface". Seperti namanya, fungsi kabel HDMI adalah melewatkan frekuwensi audio dan video berkualitas tinggi. Teknologi HDMI digunakan dengan perangkat seperti Hdtv, Proyektor, pemutar Dvd, atau pemutar Blu-Ray. 

Keserbagunaan ini, sangat memungkinkan pengguna untuk menyederhanakan pengaturan, hanya dengan memakai satu kabel untuk audio dan video, tanpa mengorbankan kualitas frekuwensi.

Baca Juga : Cara menggunakan Anycas Dongle

Satu kabel HDMI menggantikan tiga kabel audio / video komposit, membuatnya lebih mudah untuk menghubungkan dua perangkat, untuk mentransmisikan frekuwensi audio dan video. HDMI bisa mengirimkan frekuwensi video standar, ditingkatkan, definisi tinggi, dan sampai 8 saluran frekuwensi audio digital.

Panjang kabel HDMI sangat bervariasi. Mereka bisa bekerja dari satu kaki sampai 50 kaki, meskipun tidak disarankan bagi pengguna membeli lebih dari 25 kaki kabel, karena bisa membuat penurunan atau hilangnya frekuwensi.

Kabel HDMI Apa yang Kamu Butuhkan?

Satu-Satunya perbedaan mendasar, dari konektor ukuran mana yang Kamu butuhkan: ialah standar (A), mini (C), atau mikro (D). Hampir seluruh elektronik rumah berukuran penuh (Televisi, platform audio, dll., Dan juga modul Raspberry Pi) mengenakan konektor standar. 

Dan itulah sedikit penjelasan tentang kabel Hdmi. Selanjutnya, kita akan membahas tentang kabel Rca.

Apa itu Kabel RCA?

Ketika sedang mencoba menyalurkan antara TV dan VCD, tentunya Kamu wajib membutuhkan kabel yang punya tiga buah colokan. Nah, kabel ini disebut dengan kabel Rca. Secara umum, kabel RCA disebut juga dengan kabel phone.

Fungsi kabel RCA adalah untuk mengirim atau mentransfer frekuwensi, dalam bentuk nada dan gambar. Biasanya kabel RCA akan sangat dibutuhkan pada perangkat elektronik, seperti Vcd/Dvd, Tape, Televisi, Cctv, dan masih banyak lagi.

RCA memiliki kepenjangan dari Radio Corporation of America. Kabel RCA mempunyai manfaat untuk mengirimkan frekuwensi analog, ke alat-alat elektronik lainnya. Kabel ini dikenalkan pertama kalinya pada tahun 1940, yang awalnya berfungsi untuk menghubungkan pada alat radiofotografi di rumah.

Seiiring perkembangan zaman dan menambah keperluan alat elektronik, maka kabel RCA semakin banyak digunakan untuk alat-alat lain, yang membutuhkan suara dan gambar. Lalu, bagaimana cara Converter HDMI to Rca? Berikut ini adalah ulasannya:

Cara Pemasangan Converter HDMI to RCA

Converter HDMI to RCA

Untuk instalasinya sangatlah mudah, yakni:

  • Sambung kabel RCA ke output di alatnya, lalu sambung ke bagian input di TV / proyektor.
  • Sambung kabel HDMI dari laptop ke input HDMI di alat converter.
  • Tergantung TV / Alat yang ingin disambung, kita perlu (Atau tidak perlu) menggunakan adaptor / charger handphone, untuk mentenagai alat ini.

Seperti yang kita ketahui bahwa: Alat ini berfungsi untuk menyambung atau mempengaruhi frekuwensi digital HDMI ke frekuwensi analog, yang diteruskan lewat kabel RCA / Av. Namun akan ada penurunan kualitas gambar dan resolusi, jika memakai converter ini. Jadinya, kita tidak bisa menggunakannya sebagai monitor utama untuk bekerja, karena kita akan sulit melihat/ membaca teks berukuran kecil.

Apakah kamu tertarik menggunakannya? Demikian pembahasan mengenai CaraPemasangan Converter HDMI to RCA semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.


Related Posts

Posting Komentar