Cara Upgrade Ota K Vision (On/Off), Dijamin Berhasil !

Upgrade Ota K Vision | Upgrade Ota K Vision merupakan sebuah proses untuk melakukan upgrade atau pembaharuan firmware (fw) sebuah receiver K Vision, dengan menggunakan file firmware yang bersumber dari satelit providernya sendiri. Dengan kata lain bahwa dalam hal ini receiver K Vision anda melakukan pengunduhan dan penginstalan file sw secara otomatis.

OTA sendiri kepanjangan dari Over the air, artinya receiver anda akan terupdate firmwarenya secara otomatis yang bersumber dari satelit dengan syarat derajat satelit pada receiver anda harus valid, khususnya di satelit Telkom 4 dan Measat 3a.

Dengan menghidupkan upgrade ota, receiver k vision anda biasanya akan terupdate otomatis tanpa perlu mencolokkan usb ke port usb yang ada body receiver.

Upgrade OTA Kvision

Dampak Upgrade Ota K Vision

Adapun receiver k vision yang mengaktifkan/ menghidupkan Ota, biasanya akan menemukan beberapa kendala setelah upgrade firmware berhasil, diantaranya sebagai berikut :

  • Channel menjadi berantakkan
  • Tampilan ada sedikit perubahan meskipun ini sangat jarang sekali terjadi
  • Receiver mata merah / hang

Selanjutnya, pada artikel ini, akan dibahas mengenai cara upgrade ota K Vision pada berbagai tipe receiver K Vision, yaitu:

Cara Upgrade OTA K Vision GOL (On/Off)

Cara melakukan upgrade OTA untuk receiver K Vision GOL adalah sebagai berikut:

  1. Tekan menu pada remot
  2. Geser ke kanan cari Peralatan dan cari Upgrade Ota
  3. Akan masuk ke menu upgrade Ota silahkan On kan pada menu Ota Enable dengan cara geser ke kanan
  4. Pada menu Mulai silahkan tekan OK

Sampai disini sudah berhasil, selanjutnya tinggal menunggu upgrade firmware secara otomatis oleh k vision.

Catatan : Apabila anda ingin menonaktifkan Upgrade Ota, anda hanya tinggal meng Off kan pada menu Ota Enable.

Saran :  Saya sarankan sebaiknya Ota di Off kan saja karna untuk menghindari resiko yang tidak di inginkan terutama gagal dalam Upgrade Ota sehinga mengakibatkan receiver hang atau mata merah.

Baca Juga : Cara menggunakan Easycap untuk mencari sinyal

Cara Upgrade OTA di Receiver K Vision Bromo C2000 dan Cartenz K2000 (On/Off)

Adapun cara untuk melakukan upgrade OTA pada receiver KVision C 2000 adalah sebagai berikut:

  1. Dari remote pilih Menu.
  2. Geserlah kebawah sampai anda menemukan sub peralatan kemudian pilih OK.
  3. Pilihlah sub upgrade ota lalu pilih ok.
  4. Pada sub menu ini, pastikan bahwa posisi tombolnya berada di on, jika masih berada di posisi Off, maka pindahkan ke posisi ON.

Jika tombol upgrade OTA sudah dalam posisi On, maka anda bisa keluar dari menu tersebut dengan menekan Exit. Pengaturan Upgrade OTA K Vision C2000 anda akan dilakukan secara otomatis oleh receiver anda apabila ada firmware yang tersedia untuk receiver anda.

Catatan : Apabila anda ingin menonaktifkan Upgrade Ota, anda hanya tinggal meng Off kan pada menu Ota Enable.

Saran :  Saya sarankan sebaiknya Ota di Off kan saja karna untuk menghindari resiko yang tidak di inginkan terutama gagal dalam Upgrade Ota sehinga mengakibatkan receiver hang atau mata merah.

Catatan : Pastikan derajat satelit telkom 4 berada di 108.0°E untuk c band dan measat 3a berada di 91.4°E untuk ku band.

Resiko Kegagalan Upgrade OTA KVision

Saat receiver anda melakukan pembaharuan OTA secara otomatis maupun juga manual, akan ada resiko gagal upgrade OTA karena berbagai faktor, misalnya gangguan sinyal pada receiver, mati lampu, dan lain-lain. Jika hal ini terjadi, maka receiver anda tidak akan bisa menampilkan siaran untuk sementara waktu yang ditandai dengan munculnya mode ON pada receiver, namun tidak menampilkan siaran apapun.

Jika anda mengalami hal ini, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mengatasinya dengan cara melakukan reset pabrik atau mode recovery agar seluruh program dalam receiver anda kembali ke pengaturan bawaannya.

Demikianlah cara Upgrade OTA Kvision yang prosesnya sangat simpel dan cepat. Semoga artikel ini bisa membantu.