Cara Menggunakan Easycap untuk Tracking Sinyal Parabola

Cara Menggunakan Easycap untuk Tracking Sinyal Parabola | EasyCap adalah nama untuk sebuah alat yang mampu mengubah output RCA (AV) yang berada pada sebuah perangkat processor video menjadi sebuah bentuk input USB. EasyCap merupakan sebuah alat yang sering digunakan untuk menampilkan audio dan juga video yang berasal dari sebuah receiver parabola, DVD Player, CCTV, camcorder, ke dalam bentuk port USB seperti yang ada dalam sebuah perangkat laptop dan juga smartphone android.

cara menggunakan easycap

EasyCap paling banyak dipakai dalam hal tracking parabola untuk mencari stasiun tv atau siaran tv tertentu. Saat melakukan tracking, anda hanya perlu membawa smartphone android anda, EasyCap, dan juga receiver parabola anda.

Jika anda menggunakan alat EasyCap saat melakukan penginstalasian siaran tv di parabola anda, maka anda tidak perlu lagi melihat langsung ke monitor tv atau juga tidak perlu lagi menggunakan bantuan tv monitor kecil untuk anda melihat hasil tracking anda. Sebab, semuanya akan dengan mudah anda lihat pada layar smartphone anda.

Cara Menggunakan Easycap di Android 

Untuk bisa menikmati sajian audio dan juga video dari receiver parabola anda ke smartphone anda, anda akan memerlukan beberapa peralatan berikut ini, yaitu:

1) Kabel RCA

2) Kabel EasyCap

3) Kabel OTG

4) Aplikasi FPViewer (bisa anda download di Playstore)

5) Smartphone yang sudah mendukung OTG.

Cara Pemasangannya adalah sebagai berikut:

1) Pasanglah atau colokan masing-masing kabel sesuai dengan urutan sambungan berikut: 

Receiver -> Kabel RCA -> Kabel EasyCap -> Kabel OTG -> Smartphone android support OTG -> Aplikasi FPViewer.

2) Melakukan setting program pada Receiver parabola dengan menggunakan HP Android anda dengan cara berikut:

a. Unduhlah terlebih dahulu aplikasi FP Viewer. Aplikasi ini Bisa anda unduh dengan gratis melalui aplikasi Google Playstore.

b. Pastikan juga bahwa smartphone anda sudah support USB OTG, anda bisa mencari informasi di internet apakah smartphone anda sudah mendukung USB OTG atau belum.

c. Hubungkan Kabel dari USB OTG (On The Go) ke smartphone anda.

d . Hubungkan EasyCap dengan kabel USB OTG, Gunakan EasyCap (atau Easier Cap) dengan chip khusus, yaitu chip UTV007. Saat anda akan membeli alat EasyCap, pastikan juga bahwa alat tersebut menggunakan Chip UTV007. Jika anda salah membeli EasyCap dengan chip tipe lainnya, maka EasyCap anda tersebut tidak akan bisa disambungkan dengan smartphone android anda.

5. Berikutnya, hubungkanlah kabel konektor RCA dengan EasyCap yang akan menjadi penghubung antara receiver anda dengan kabel Easycap.

6. Hubungkan kabel RCA dengan receiver.

Jika semua sambungan sudah benar, maka anda akan melihat smartphone anda menampilkan tayangan dan juga menu-menu yang ada di receiver parabola anda.

Informasi Penting 

1. Pastikan Bahwa EasyCap Anda Support Android 

Cara untuk mengetahui EasyCap yang anda gunakan support Android atau tidak adalah dengan melihat tipe chip yang digunakan didalamnya. Jika EasyCap yang anda gunakan memakai chip UTV007, HTV006, dan juga chip STK1160, maka bisa dipastikan bahwa EasyCap tersebut mendukung android.

Namun, jika chip yang ada pada EasyCap anda selain dari tipe yang sudah disebutkan di atas, maka kemungkinan besar bahwa chip yang digunakan pada EasyCap yang anda gunakan tidak support dengan sistem android. Oleh sebab itu, saat anda melakukan pembelian EasyCap, bertanyalah dengan jelas kepada penjual tempat anda membeli EasyCap tersebut, apakah ia sudah support android atau belum.

2. Apakah Semua kabel OTG bisa digunakan untuk semua HP?

Kabel OTG yang merupakan singkatan dari kabel On The Go adalah sebuah jenis kabel yang mampu membaca data dengan sumber perangkat USB, meski tanpa bantuan sebuah computer.

Secara umum, semua perangkat mampu berperan sebagai host USB, akan tetapi tidak semua jenis perangkat mempunyai kemampuan untuk bisa menghubungkan antara satu perangkat dengan perangkat lainnya. Dalam hal inilah peran kabel USB OTG dibutuhkan.

Baca Juga : Cara memasang converter RCA to HDMI

Mungkin juga anda akan bertanya apakah smartphone anda sudah mendukung USB OTG atau belum. Biasanya, berbagai merk smartphone berkelas sudah dilengkapi dengan dukungan terhadap USB OTG. Namun, pada smartphone kelas standar, fitur ini terkadang belum disediakan.

Cara termudah untuk mengetahui apakah smartphone anda sudah mendukung USB OTG atau belum adalah dengan mempelajari berbagai fiturnya yang disebutkan pada Dos bawaannya, atau anda juga bisa melihat berbagai review terhadap smartphone dengan merk dan tipe yang anda gunakan, apakah di dalamnya tercantum tulisan “Certified USB OTG”.

Baca Juga : 7 langkah mudah menggunakan anycast dongle

JIka anda melihat tulisan “Certified USB OTG” pada dos bawaan smartphone anda, maka hal itu berarti bahwa smartphone anda sudah support USB OTG dan bisa digunakan menampilkan tayangan receiver parabola dengan bantuan alat EasyCap.

Akan tetapi, jika smartphone anda belum ditemukan tulisan “Certified USB OTG”, maka sangat dimungkinkan bahwa smartphone anda belum mendukung fitur ini.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Wifi dongle terbaik 

Related Posts

Posting Komentar