7 Langkah Mudah Cara menggunakan Anycast Dongle

Cara menggunakan anycast | Teknologi berkembang dengan sangat cepat dari waktu ke waktu, hal melahirkan berbagai inovasi teknologi di berbagai bidang, termasuk dalam bidang pertelevisian yang saat sudah mampu menampilkan gambar yang berasal dari sebuah smartphone.

Kecanggihan smartphone dan TV saat ini sudah memungkin para pengguna smartphone menyaksikan berbagai tanyangan video kesukaan mereka yang berasal dari smartphone, namun menampilkan tayangannya di sebuah layar televisi. Hal ini dilakukan dengan bantuan sebuah alat tambahan yang disebut dengan AnyCast.

Berkembangnya berbagai penyedia layanan nonton berbagai film dan juga even olahraga menjadikan kebutuhan menampilkan tayangan smartphone pada tv sebagai sebuah kebutuhan digital modern baru yang sangat disukai masyarakat.

Apa itu Anycast?

AnyCast adalah sebuah  alat yang dirancang khusus untuk menampilkan berbagai tayangan yang ada pada sebuah layar laptop, computer, tablet, dan juga smartphone pada sebuah televise dan juga monitor. Dengan menggunakan alat yang satu ini, anda bisa menyaksikan semua tanyangan yang hanya ada pada gadget anda, untuk bisa anda saksikan bersama keluarga pada layar televise anda.

Secara singkat, alat yang satu ini akan menampilkan semua aktivitas yang ada pada layar smartphone atau laptop anda pada sebuah televise, sehingga seolah siaran berupa film atau video yang anda saksikan pada layar televise anda tersebut berasal dari siaran digital atau parabola yang anda miliki.

Alat ini juga akan menampilkan berbagai aktivitas lainnya yang anda lakukan pada smartphone anda, misalnya browsing, membuka aplikasi, melihat foto, dan lain-lain. Meski tergolong sangat canggih, namun tidak semua televise bisa menggunakan alat ini. Televisi yang mendukung penggunaan anyCast untuk hanyalah televise yang mempunyai port HDMI. 

Jika televisi anda tidak mempunyai Port HDMI, anda bisa juga mencoba bantuan penggunaan adapter converter, yang akan mengkonversi dari RCA ke Port HDMI.

Cara Penggunaan AnyCast

1. Pasangkan Alat AnyCast pada Port HDMI TV Anda

Sebelum Anda membeli alat AnyCast ini, anda perlu memastikan bahwa TV anda mempunyai fitru Port HDMI. Hal ini agar anda tidak anda tidak perlu lagi membeli dan menggunakan sebuah converter. Posisi Prot HDMI ini biasanya terletak di posisi bagian belakang dari TV anda. Anda bisa mencari tulisan “HDMI IN” pada port tersebut.

Jika anda sudah melihat letak port HDMI tersebut, maka pasangkanlah AnyCast pada port tersebut. Jika anda tidak menemukan fitur Port HDMI pada TV anda, maka berarti bahwa tv anda memang belum terpasang dan belum mendukung fitur tersebut.

2. Menyambungkan AnyCast ke Listrik 

Alat yang bernama AnyCast ini tidak menggunakan daya operasi yang berasal dari dalam tv anda, AnyCast mempunyai kabel tersendiri yang bisa anda hubungkan ke colokan listrik. Meski demikian, anda bisa juga menggunakan daya dari tv anda dengan cara menguhubungkan AnyCast ke tv anda menggunakan kabel USB.

Selain itu, anda bisa menggunakan alat bantu adapter charger atau bisa juga dengan memakai sebuah power bank. Jika anda menggunakan adapter atau power bank, maka berarti anda menghubungkan kabel listrik AnyCast langsung ke power bank atau adapter tersebut, bukan pada tv anda.

3. Mengecek Tampilan Pada Layar Televisi

Jika berhasil menyambungkan AnyCast dengan baik pada sumber listrik dan juga port HDMI pada tv anda, maka alat AnyCast ini akan menunjukkan menu bawaannya yang akan anda lihat pada layar tv anda.

Dalam hal ini, anda akan melihat dua pilihan yang muncul pada layar tv anda, yaitu pilihan AirPlay & DLNA dan juga Miracast. Kedua pilihan ini sangat berbeda fungsinya, pilihan AirPlay & DLNA berfungsi untuk aktivitas streaming pada smartphone, dan juga untuk penggunaan pada gadget iOS.

Adapun pilihan Miracast, pilihan ini adalah khusus untuk para pengguna gadget android. Jika gadget anda adalah iPhone, maka anda perlu menggunakan AirPlay & DLNA. Jika anda menggunakan gadget android, maka berarti anda perlu memilih Miracast.

4. Cara Menggunakan AnyCast Pada iPhone dan Android

Jika gadget anda adalah iPhone, maka anda perlu mempelajari Cara Penggunaan AnyCast di Smartphone iPhone berikut ini:

  1. Pilihlah menu  AirPlay & DLNA pada tampilan tv anda.
  2. Bukalah menu Wi-Fi yang ada pada iPhone anda dan hubungkanlah dengan sinyal dari AnyCast.
  3. Masukkanlah password dari AnyCast sesuai angka PSK pada layar televisi anda.
  4. Bukalah menu Control Center, kemudian pilih menu Screen Mirroring.
  5. Sambungkan dengan alat AnyCast.
  6. Selesai.

Jika anda menggunakan perangkat android, maka Cara Penggunaan AnyCast Pada Android adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah Miracast pada tampilan tv anda.
  2. Unduh terlebih dahulu aplikasi Miracast dari PlayStore.
  3. Bukalah menu Wi-Fi pada gadget Android anda, lalu hubungkan gadget android anda dengan AnyCast.
  4. Masukkanlah password AnyCast dan pastikan bahwa pasword tersebut sama dengan angka PSK yang muncul pada tampilan layar televise anda.
  5. Bukalah aplikasi Miracast pada smartphone anda, kemudian pilih Connect.
  6. Selesai.

5. Periksa Kembali Tampilan Pada Layar Televisi

Setelah anda berhasil menyambungkan gadget anda pada Anycast, periksalah tampilan yang muncul pada layar tv anda. Jika tampilan yang anda lihat pada layar tv anda sama dengan tampilan yang ada pada layar gadget anda, maka anda sudah berhasil menghubungkan keduanya dengan bantuan Anycast.

Penutup

Demikianlah 7 Langkah mudah cara menggunakan Anycast Dongle pada tv anda. Bagaimana, sangat mudah bukan?apabila menemukan kendala silahkan bisa didiskusikan dikolom komentar. Jangan lupa untuk membaca juga artikel Cara streaming game di Facebook.

Related Posts

Posting Komentar