Cara mengatasi mata merah K Vision dengan 4 Langkah Mudah !

Cara mengatasi mata merah K Vision | K Vision merupakan sebuah receiver yang menyediakan berbagai saluran dan program tv berbayar yang berada di bawah naungan perusahaan PT Digital Vision Nusantara. K Vision diresmikan dan mulai beroperasi pada 18 April tahun 2014. 

PT Digital Vision Nusantara sendiri merupakan bagian dari Kompas Gramedia, sebuah perusahaan raksasa yang bergerak dalam bidang informasi cetak, tv, dan juga online. Seiring dengan perkembanggannya, pada tanggal 16 Juli 2019, perusahaan MNC Vision Networks secara resmi melakukan akuisisi sebesar 60% dari total saham di K-Vision.

Cara mengatasi mata merah K Vision
sumber : facebook/abdulkadir
Meski sudah berada dalam satu naungan yang sama dengan MNC vision dan juga MNC Play, namun tidak pernah dilakukan merger terhadap keduanya oleh pihak MNC Group. Hal ini karena faktor segmentasi dan karakter tayangan dan juga segmentasi pelanggan keduanya sangat berbeda.

Dari segi segmen pelanggannya, terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara MNC Vision dan juga K Vision, MNC Vision merupakan layanan dengan segmentasi kalangan dengan kelas ekonomi menengah ke atas, sedangkan K Vision dibuat untuk kelas ekonomi menengah ke bawah.

Cara mengatasi mata merah K Vision

Sebagai salah satu receiver tv berbayar yang sangat banyak digunakan di Indonesia, disebutkan bahwa para pelanggan K Vision seringkali menemukan masalah pada receiver yang satu ini yang dikenal dengan istilah mata merah.  

Masalah Mata Merah pada receiver K Vision adalah sebuah kondisi dimana receiver ini tidak mau melakukan booting dan juga loading program tv seperti biasanya. Selain itu, yang terlihat menyala pada reciver ini hanyalah pada bagian lampu merahnya saja.

Baca Juga : 5 Langkah mencari siaran Kvision yang hilang

Bahkan, pada tipe receiver K Vision yang tidak mempunyai kode lampu merah di depannya, receiver ini tidak menampilkan lampu apapun sama sekali, termasuk lampu panel depannya. Inilah yang menyebabkan masalah yang satu ini dikenal dengan mata merah K Vision.

Pada beberapa kasus, masalah mata merah ini ditandai dengan adanya tulisan ON yang ditunjukkan oleh panel depan receiver ini, serta tidak mau menampilkan daftar siaran seperti biasanya. Hal ini bahkan berlangsung selama receiver dihidupkan, padahal koneksi dan arus listrik tersedia dengan sangat baik.

Penyebab Utama Receiver Mata Merah K Vision

Secara umum, terdapat tiga jenis msalah utama yang menjadi penyebab terjadinya masalah mata merah pada receiver K Vision, yaitu sebagai berikut:

1) Rusaknya Regulator, Voltase yang sudah drop dan tidak sesuai dengan kebutuhan pada receiver;

2) Firmware yang tidak berjalan sempurna, sehingga Terjadi error atau cacat pada software yang ada dalam memori receiver, yang menyebabkannya tidak bisa meneruskan proses loading program tv seperti biasanya.

3) Adanya komponen pada Main board yang sudah rusak;

Cara Mudah memperbaiki Masalah Mata merah K Vision

Sebelum anda memutuskan untuk melakukan perbaikan, ada baiknya jika anda melakukan proses analisa dengan baik terlebih dahulu. Jika masalah mata merah ini terjadi karena anda keliru saat melakukan upgrade sw, maka cara untuk memperbaikannya adalah dengan flash ulang. Proses Flash ulang ini bisa anda lakukan dengan menggunakan sebuah alat yang bernama alat ch341a.

Baca Juga : 5 Langkah mencari siaran Kvision yang hilang

Di samping dengan bantuan alat tersebut, anda juga akan memerlukan sebuah computer atau juga laptop untuk melakukan proses flash ulang programnya. Sebenarnya, proses flash ulang ini bisa juga anda lakukan dengan menggunakan smartphone android yang sudah mendukung fitur OTG. Akan tetapi, seringkali proses flash ulang dengan menggunakan terjadi kegagalan dan hanya bisa dilakukan jika penyebabnya adalah dari kesalahan firmwarenya atau dalam keadaan Mode On. Berikut langkah langkahnya 

  1. Terlebih dahulu anda download file Flash.bin DISINI, Simpan file dalam Flashdik jangan ditarud didalam folder dan usahakan Flashdisknya yang berkualitas. Pastikan file berukuran 8 Mb, dan file bernama Flash.bin, jika tidak di rename saja,
  2. Receiver wajib dalam keadaan mati dan colokan tidak terpasang. Lalu, Tancapkan Flashdisk di lubang USB receiver Kvision
  3. Pencet tombol power pada receiver (bukan di remot), lalu hidupkan Receiver, ingat jari anda tetap menekan tombol power
  4. Akan tampil dilayar tv tulisan "USB Upgrade, Don't Power Off'', lalu lepaskan jari anda. receiver akan segera upgrade dengan otomatis. Jika tidak muncul tulisan diatas, coba ulangi langkahnya.

Namun, Saat receiver K Vision anda mengalami masalah mata merah dengan penyebab yang tidak diketahui, sangat besar kemungkinan bahwa receiver anda mengalami kerusakan pada mainboard atau juga regulatornya.

Cara Memperbaiki Masalah Regulator

Jika anda tidak mempunyai pengalaman sama sekali dalam hal perbaikan barang elektronik, maka ada baiknya anda membawa receiver anda ke jasa service barang elektronik terdekat di daerah anda. Namun, Jika anda memiliki pengalaman dalam hal service barang-barang elektronik, maka anda bisa lakukan langkah perbaikan di bawah ini:

1) Bukalah cover atau tutup luar receiver anda;

2) Periksa pada bagian rangkaian elko regulatornya, apakah ada yang mengembang atau terlihat tidak lagi rata bagian atasnya;  

3) gantilah elko tersebut dengan elko bertipe sama, atau jika tidak ada gunakan elko dengan tipe lebih besar; 

Anda juga perlu ingat bahwa ada juga kerusakan regulator yang bentuknya hanya keretakan pada bagian solderan di kakinya. Jika anda menemukan masalah seperti ini, anda hanya perlu melakukan penyolderan ulang pada bagian tersebut. 

Periksa Kerusakan Lainnya

Jika anda sudah melakukan pemeriksaan dan juga perbaikan pada langkah-langkah di atas, maka kembali coba nyalakan receiver anda. Jika sudah normal maka berarti masalah pada receiver anda sudah teratasi.

Jika masalah tetap berlanjut, periksalah suhu prosesor receiver anda, jika suhunya sangat panas, maka berarti bahwa kerusakan ada pada prosesor tersebut dan hal ini tidak bisa diperbaiki. Namun, jika prosesor reciver hanya hangat dan tidak terlalu panas, maka anda perlu memeriksa komponen lainnya.

Anda bisa memfokuskan pencarian masalah pada berbagai komponen kecil yang ada di mainboard receiver anda. Selain itu, anda perlu hati-hati agar proses pemeriksaan yang anda lakukan tidak merusak komponen lainnya.

Kesimpulan

Demikian artikel mengatasi mata merah pada Kvision semoga bisa bermanfaat bagi pembaca sekalian. Apabila ada hal yang perlu ditanyakan silahkan ajukan ke kolom komentar.

Related Posts

Posting Komentar