5 Keuntungan Berpindah Dari TV Analog ke TV Digital

Apa saja keuntungan pindah Dari TV Analog ke TV Digital ? Migrasi dari TV analog ke Digital adalah sebuah migrasi penggunaan teknologi skala global. Hal tersebut karena memang bukan hanya Indonesia yang melakukan migrasi, namun juga seluruh dunia.

tv analog ke tv digital

Apa saja keuntungan berpindah dari tv analog ke tv digital? berikut kami beberkan keuntungan bermigrasi dari tv manual ke tv digital seperti yang diapaparkan dalam Seminar Nasional Sistem Peringatan Dini Pada Perangkat TV Digital di Auditorium BPPT pada beberapa waktu lalu.

Keuntungan Berpindah dari TV Analog ke TV Digital

1. Sinyal Digital Lebih Efisien dalam Penggunaan Spectrum

Karena sinyal digital mengambil bandwidth jauh lebih sedikit daripada sinyal analog, hingga 10-16 maka saluran televisi dapat dilakukan dengan menggunakan bandwidth yang sama. Dan biasanya akan hanya membawa satu saluran menggunakan analog .

2. Penggunaan Lebih Efisien

Hal ini memungkinkan untuk penggunaan siaran tunggal bukan paralel jaringan, mengurangi biaya untuk semua lembaga penyiaran serta mengurangi dampak lingkungan.

Dengan adanya TV Digital, proses kabelisasi antar penyedia layanan tv menjadi lebih hemat dan efisien. Artinya, penggunaanya tidak menggunakan sistem yang rumit dibandingkan dengan TV analog.

3. Kualitas yang lebih baik TV

Siaran digital menawarkan pengalaman menonton yang superior dengan lebih tajam, lebih cerah gambar, mengurangi ” ghosting ” dan interferensi, sinyal audio yang lebih baik, dan meningkatkan kualitas suara ( mirip dengan perbedaan antara VHS kaset video tua dan DVD ) . Hal ini juga memungkinkan pengenalan layanan baru seperti High Definition televisi yang menawarkan gambar lebih jelas dan luas serta pandang yang lebih memuaskan .

Baca Juga : 2 Fungsi Set Top Box beserta manfaatnya

3. Digital Dividen

Hal ini mengacu pada frekuensi yang dibebaskan setelah migrasi dari penyiaran analog lebih efisien penggunaan spektrum penyiaran. Ini memungkinkan pengelolaan posisi baru terhadap frekuensi untuk keperluan lain seperti broadband dan berbagai layanan nirkabel baru

4. Peluang Bisnis Baru di Bidang Penyiaran

Bagi Industri, berpindah ke digital membuka sejumlah peluang ekonomi bagi dunia teknologi informasi komunikasi dan konten lokal dan industri kreatif . Hal ini juga memungkinkan model bisnis baru dengan memisahkan penyedia distribusi sinyal dari produsen konten.

Demikian beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan jika berpindah Dari TV Analog ke TV Digital. Indonesia dan dunia sedang bertahap melakukan migrasi, Ayo jadi bagian perubahan dalam menyongsong era baru TV Digital Indonesia.

Related Posts

Posting Komentar