Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

2 Fungsi Set Top Box beserta Manfaatnya

 Fungsi Set Top Box - Sejak Program ASO (Analog Switch Off) berakhir pada tanggal 2 November 2022. Pelanggan TV Analog Perlahan sudah banyak mencari solusi agar mereka tetap bisa menyaksikan Siaran Televisi kesayangannya. Sebagian Pelanggan sudah terlebih dulu tau informasi tersebut sebagian yang lain belum mengetahui.

Fungsi set top box
fungsi set top box
Sehingga pelanggan yang belum bersiap dengan peralihan ini mencari solusi salah satunya dengan membeli Set Top Box Digital. Bagi pelanggan yang mempunyai televisi yang sudah Suport TV Digital maka tidak perlu lagi memakai Set Top Box.

Membeli Set Top Box atau biasa orang sering menyebutnya dengan STB adalah harus bagi pencinta film sinetron, berita, olahraga ataupun tayangan yang lainnya. Kebanyakan dari pelanggan juga mencari informasi Merk STB apa yang bagus.

Baca Juga : Ketahui merk STB yang bagus beserta harganya

Sebelum kamu mengetahui merk STB yang bagus, mungkin masih banyak yang bertanya tentang apa saja Fungsi dari Set Top Box (STB) ? Mengapa harus ada peralihan dari TV Analog ke TV Digital sehingga banyak orang yang harus merogoh koceknya membeli STB ataupun Televisi Digital ? Simak Penjelasannya pada artikel ini.

Fungsi Set Top Box yang wajib anda tau !

Banyak sekali fungsi daripada Set Top Box, namun kami akan mencoba merangkumnya melalui postingan artikel ini.

1. Sebagai Konverter

Fungsi Set Top Box sebagai knverter adalah fungsi yang mendasar. Dimana alat ini bisa mengubah sinyal yang ditangkap melalui antena terestial kemudia dikonversi menjadi tampilan berupa gambar dan suara yang berkualitas.

Jika sebelumnya sinyal dari antena terestial bisa ditangkap oleh TV Analog, kini fungsi dari TV analog sudah dinonaktifkan dan sinyal yang berasal dari pemancar siaran terestial hanya bisa ditangkap oleh TV Digital atau bisa juga melalui Set Top Box.

Harga Set Top Box umumnta lebih murah jika dibandingkan kita membeli TV baru yang sudah support TV Digital. Jadi, Anda tidak perlu ganti TV cukup membeli Set Top Box sebagai pengonversi sinyal ke gambar dan suara maka anda sudah bisa menyaksikan channel-channel TV yang berkualitas dan sangat berbeda dengan waktu anda masih pakai TV Analog.

2. Sebagai DVB-T2

DVB-T2 adalah kepanjangan dari Digital Video Broadcasting - Second Generation Terrestial. Sebagaimana yang kita tau bahwa Dunia Pertelevisian Indonesia masih kalah saing dengan negara-negara tetangga. Untuk itu Idonesia berbenah yakni salah satunya dengan Program ASO (analog switch off) dan dialihkan ke TV Digital

Baca Juga : 3 Jenis STB Matrix Apple

Bahkan sejumlah negara maju sudah lebih dulu menggunakan DVB-T2 ini, sebut saja, Inggris, Italia dan beberapa negara yang lain.

Dengan adanya siaran yang berbasis Digital ini warga Indonesia harus  bersyukur karna tayangan yang dihasilkan akan memperoleh gambar yang jernih seperti tayangan yang ada pada Paytv Kvision, Nex Parabola dan Transvision.

3 Manfaat Set Top Box

Setelah anda mengetahui 2 Fungsi dari Set Top Box diatas setidaknya anda sudah ada gambaran bagaimana sebuah Set Top Box itu bekerja menurut fungsinya. Selain Fungsinya yang sudah kami jelaskan diatas setidaknya ada 4 Manfaat dari Set Top Box yang mungkin belum anda tau.

1. Jumlah Channel lebih bervariasi

Banyak atau sedikitnya channel ataupun siaran sangat penting bagi pencinta Entertainment. Siaran yang sedikit sudah tentu akan kita membuat bosan karna itu-itu saja yang di tonton. Siaran yang banyak membuat kita lebih banyak pilihan dalam mencari Hiburan ataupun sebatas mencari Informasi. Selain itu, Channel yang ada tidak berbayar alias gratis 

2. Gratis menonton Siaran Premium

Apa saja yang dimaksud Siaran Premium itu ?. Siaran Premium banyak sekali sebut saja tayangan Sepak bola. Jika anda memakai Pay TV dan ingin menonton siaran Sepak bola liga Indonesia atau bahkan Liga-liga di Eropa tentunya akan dipungut baiaya / berbayar. Tapi dengan menggunakan Set Top Box tayangan Premium favirot anda sepenuhnya gratis, cukup menyenangkan bukan ?.

3. Gambar lebih Jernih

Kalau anda sebelumnya memakai TV Analog tentu sudah faham bahwa jika kekurangan sinyal pada TV Analog akan menghasilkan siaran tv berbintik atau banyak semut. Nah, di Set Top Box ini anda gak akan ketemu lagi dengan gambar / siaran berbintik. Gambar yang dihasikan Set Top Box sangat jernih sebagai mana anda menonton Tv Parabola / Pay Tv.

Kesimpulan

Setelah anda mengetahui 2 Fungsi Set Top box dan 3 Manfaat Set Top Box, mungkin anda sudah punya rencana mau beli Set Top Box yang mana ? Lihat 3 Merk STB Terbaik , yang mungkin bisa dijadikan anda untuk merencanakan untuk membeli Set Top Box ke Dealer ataupun toko terdekat.

Demikian artikel singkat yang kami ulas semoga bermafaat. Peertanyaan dan lain-lain silahkan ajukan di kolom komentar. 

Posting Komentar untuk "2 Fungsi Set Top Box beserta Manfaatnya"