Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Frekuensi TV Digital Update Desember 2022

Frekuensi TV Digital akan dibahas pada artikel kali ini. Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa masa peralihan dari TV Analog ke TV Digital malalui Program ASO (Analog Switch Off) sudah berakhir. Kini, tak satupun daerah yang masih menggunakan TV Analog, semuanya sekarang harus pakai TV Digital ataupun Set Top Box. Pelanggan kini hanya ada3 Pilihan :

  1. Mengganti TV Analog dengan TV Digital
  2. Membeli Set Top Box (STB)
  3. Beralih ke Pay tv / TV Prabayar
  4. Atau Pilihan lain, anda bisa menggunakan TV Kabel jika daerah anda sudah tercover TV Kabel, namun ini hanya sebagian kecil saja.

Dari ke 4 Pilihan diatas, anda bisa mengira-ngira mana yang sekiranya cocok untuk selera dan budgeting anda. 

Dari segi channel, Pengguna TV Prabayar kemungkinan masih unggul. Dengan berbagai varian Channel yang ada, pelanggan TV Prabayar cukup dimanjakan dengan siaran-siaran yang lengkap lagi berkualitas. Namun begitu jika anda mau berlangganan TV Prabayar harus menyiapkan budget yang agak banyak.

Baca juga : Fungsi Set Top Box beserta Manfaatnya

Dari segi gambar, nomor 1 sampai 3 sudah cukup Puas. Namun jika dibandingkan lebih dalam lagi-lagi pengguna TV Prabayr kembali unggul. 

Dari segi Pembiayaan, tentu saja nomor 2 pemenangnya. Jadi anda tidak perlu repot-repot membeli TV Digital baru, cukup membeli Set Top Box yang harganya ratusan ribu saja, anda bisa menikmati tayangan dengan gambar jernih dan menyaksikan tayangan olahraga Gratis tanpa diacak sebagaimana TV Prabayar yang harus dibuka dengan membeli Paket terlebih dahulu.

Daftar Frekuensi TV Digital terupdate

Frekuensi tv digital
frekuensi tv digital

Setelah anda membeli Set Top Box atau TV Digital baru, kini saatnya anda mencari siarannya. Berikut ini nomor Frekuensi TV Digital terbaru yang kami sajikan dalam bentuk tabel.

Frekuensi Nama Channel
34 UHF 578   MHz. TVONE,   JakTV, ANTV, dan SportOne
24   UHF 498 MHZ. SCTV,   KompasTV, Indosiar,
     MentariTV dan O Channel berada di frekuensi
28 UHF 530   MHz. RCTI, GTB,   MNCTV, dan iNews
31 UHF 554   MHz. MetroTV,   MyTV, JPNN, BBSTV,
     UGTV, SmileTV, dan MagnaTV
40 UHF 626   MHz. TransTV,   Trans7, CNN dan CNBC
43 UHF 650   MHz. TVRI, TVRI   Sport, TVRI World,
     TVRI Jakarta, nusantaraTV (ntv), Inspira,
     NetTV, RadarTV, ElshintaTV, DAAITV dan tvMU
48 UHF 690   MHz. Rtv
Setelah kita mengetahui Frekuensi TV Digital, selanjutnya anda tinggal mencari Program pada Televisi Digital ataupun Set Top Box anda. Jika anda menggunakan TV Digital ataupun Set Top Box, banyak sekali keuntungan dan manfaat yang anda dapatkan dibandingkan anda memakai TV Analog sebelumnya. Kelebihan-kelebihan yang ada pada TV Digital akan kembali diulas pada artikel ini.

Cara Setting dan Program TV Digital

1. Televisi harus sudah mendukung TV Digital

Sebelum anda mulai mencari Program Siaran tv digital, yang pertama yang harus anda perhatikan adalah bahwa televisi anda harus sudah support  tv digital. Sebab percuma saja anda mencari sinyal dan mengotak atik pengaturan di tv, televisi anda tetap tidak bisa menerima siaran tv digital. Bagaimana cara mengetahui tv anda sudah support tv digital atau belum ? caranya liat pada dus ataupun kotak televisi yang anda beli, baca baik-baik spesifikasinya. Bagaimana kalau dusnya sudah rusak ataupun hilang ? caranya anda harus tau merek dan tipe tv anda dan coba anda browsing di internet spesifikasi tv anda.

2. Memprogram TV Digital

langkah selanjutnya sebelum anda mulai mencari sinyal yang pertama anda lakukan dlulu adalah memprogram tv. Silahkan anda masuk ke menu pengaturan atau setting, jika tulisan setting atau pengaturan tersebut ada di remot langsung tekan saja tombol tersebut. Kemudian cari tulisan Program, dari menu ini nanti anda bisa mulai mencari siarannya.

3. Mencari sinyal

Pada tahap ini, setelah anda masuk ke menu program, selanjutnya adalah tinggal anda mengontrol tv anda untuk mencari sinyal. Biasanya di tv digital anda menampilkan dua pilihan, pertama cari manual dan yang kedua cari otomatis. Jika anda mau yang lebih mudah sebaiknya anda pilih saja mode cari otomatis. Setelah anda memilih mode otomatis, selanjutnya pilih pencarian otomatis, lalu pilih antena jika anda tidak menggunakan Set Top Box, namun jika anda menggunakan Set Top Box silahkan pilih Kabel.

Sampai di tahapan ini tinggal menunggu siaran tv analog tertangkap oleh antena yang ada dirumah anda. Jika sudah selesai tahap terakhir akan ada notifikasi simpan, pilih Ya.


Namun jika tv anda tidak menemukan siaran, kemungkinan ada beberapa faktor, adapun sebab-sebabnya adalah sebagai berikut : 
  • Posisi antena kurang pas
  • Penempatan posisi antena yang salah
  • Antena tidak layak pakai atau rusak
  • Tali kabel antena rusak
  • Daerah tidk tercober oleh sinyal
  • Boster antena sudah rusak
Mungkin itu beberapa sebab mengapa tv digital anda tidak mendapatkab sinyal.

Cara cari siaran TV Digital di Set Top Box

Jika anda menggunakan Set Top Box untuk mencari siaran Digital maka tentu ada sedikit perbedaan, berikut kami bahas pada artikel ini.
  • Pasangkan instalasi tali-menali dengan benar, jangan sampai salah colok karna bisa saja berakibat fatal
  • Hidupkan Set Top Box
  • Tekan input di remot tv dan pilih AV
  • Tekan menu pada remot STB
  • Masuk ke menu pengaturan
  • Pilih pencarian saluran
  • Pilih mode Pencarian Otomatis, Pilih DTV
  • Pilih start atau cari
  • Tunggu antena anda menangkao sinyal
  • Jika sudah, klik simpan.
Pada langkah ini seharusnya jika antena anda sudah mengarah dengan tepat tv anda sudah mendapatkan siaran. Namun jika belum ada, coba putar antena anda hingga mengarah ke arah yang tepat sampai indikator sinyal sudah ada peningkatan, setelah itu ulangi langkah diatas sampai tv anda berhasil mendapatkan siaran.

Sekian pembahasan kali ini tentang nomor Frekuensi TV Digital dan cara mencari sinyal dan siaran di TV Digital dan Set Top Box. Apabila ada masukan  dan pertanyaan silahkan ajukan ke kolom komentar.

Posting Komentar untuk "Frekuensi TV Digital Update Desember 2022"