4 Langkah Mudah Cara Setting TV Digital Sony Bravia

Tahukah kamu, saat ini Indonesia tengah berada di masa peralihan saluran televisi UHF yang sudah menjadi digital? Saluran TV digital memiliki kualitas yang jauh lebih baik dari pada saluran televisi UHF. Siaran televisi digital mempunyai gambar yang jernih dan suaranya yang sangat tajam.  Maka dari itu, kami akan memberikan cara setting tv digital sony bravia dengan mudah yang bisa kamu lakukan jika terdapat permasalahan pada saluran tv yang kamu miliki saat ini.

Aktivitas menonton televisi kamu akan semakin mengasyikkan dengan siaran televisi yang lebih hidup. Dijamin, kamu akan semakin betah jika menonton TV dan juga merasa lebih suka dengan kejernihan saluran tv yang ditampilkannya. Bagi kamu yang baru pertama kali memiliki TV digital atau menggunakan DVBT2, kami akan berbagi pedoman lengkap tentang cara setting tv digital sony bravia Berikut ini ulasannya!

Mudah Sekali Cara Setting TV Digital Sony Bravia

1. Pastikan TV Kamu Mendukung Saluran Digital

Kamu harus memastikan terlebih dahulu bahwa perangkat televisi yang kamu miliki memang membantu siaran TV digital. Jika tidak, sampai  kapan pun TV itu tidak akan dapat menangkap frekuwensi televisi digital terkecuali disambung dengan DVBT2.

Untuk memastikan TV LED kamu memang support TV digital, kamu bisa menyimak sekali lagi spesifikasi product terebut. Kamu bisa melihat pada kardus kemasan atau buku manual yang menyertainya. Jika sudah hilang, Kamu dapat mencari informasi spesifikasi TV itu di internet.

2. Masuk ke Menu Pengaturan di Televisi

Untuk memerintahkan televisi agar mencari frekuwensi siaran TV digital, Kamu bisa masuk ke menu Pengaturan. Silakan ambil remot TV Kamu lalu akses menu Pengaturan dengan menekan tombol Settings di remot TV. Biasanya tombol ini berupa gambar gerigi roda (Gear). Silakan kamu tekan tombol itu. Kemudian arahkan ke Submenu yang bernama Program atau Programmes. Di sinilah kamu bisa melakukan pencarian siaran televisi digital, baik secara otomatis maupun manual.

3. Lakukan Pencarian Frekuwensi Televisi Digital

Kamu dapat mencari siaran TV digital dengan metode manual atau secara otomatis. Kami sarankan Kamu bisa memilih metode pencarian secara otomatis agar lebih mudah. Setelah kamu memilih Programes, kemudian pilih Auto Tunning. Kelanjutannya pilih Antenna jika TV Kamu menggunakan alat penangkap frekuwensi berupa antena. Akan tetapi, jika TV kamu menggunakan DVBT2, pilih Cable. Lalu pilih Start untuk mulai melakukan pencarian frekuwensi siaran televisi.

4. Tunggulah Televisi Mendapakan Siaran

Jika kamu hanya ingin mencari frekuwensi TV digital saja, berilah tanda cawang di Digital Only Tuning. Tunggulah beberapa saat sehingga sistem TV mencari frekuwensi yang ditangkap oleh antena. Adapun siaran televisi yang berhasil ditangkap yang akan ditampilkan di layar. Simbol DTV menandakan jumlah program siaran digital TV yang sanggup ditangkap oleh televisi kamu.

Baca Juga : Cara mencari Program di TV Digital

Tunggulah hingga proses pencarian frekuwensi itu selesai. Nantinya akan secara otomatis tampil siaran TV digital di televisi. Terkadang TV gagal menangkap frekuwensi siaran televisi digital. Adapun faktor-faktor yang membuat TV itu tidak bisa mendapatkan siaran televisi digital antara lain :

  • Antena bisa saja sudah agak rusak
  • Posisi antena yang kurang tepat
  • Antena dipasang di dalam rumah
  • Lokasi kamu tidak terjangkau frekuwensi
  • Keadaan cuaca yang buruk
  • Adanya rusaknya pada kabel antena
  • Booster mengalami rusaknya

Nah, itulah beberapa penjelasan artikel ini yang membahas tentang cara setting tv digital sony bravia dengan cara diatas semoga bermfaat dan bisa dijadikan sebagai acuan dalam menyeting tv digital.