Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Pasang Set Top Box Antena UHF

Cara Pasang Set Top Box Antena UHF - Memasang Set Top Box Antena UHF untuk menghasilkan gambar siaran TV yang lebih jernih.  Untuk mendapatkan tampilan televisi yang jernih, Cara Pasang Set Top Box Antena UHF sebagai berikut. Sebelum membahas cara pasang set top box, ketahui terlebih dahulu pengertiannya. 

cara pasang set top box antena uhf

Pengertian Set Top Box dan Fungsinya

Set top box adalah perangkat yang digunakan untuk mengubah sinyal menjadi gambar dan suara sehingga dapat ditampilkan di televisi analog. Ada juga yang disebut Android set top box, sebuah Android STB yang digunakan untuk mengubah televisi menjadi smart TV.

Penggunaan set top box untuk televisi digital gratis, tidak ada biaya bulanan. Internet juga tidak perlu, karena sudah terkoneksi dengan stasiun televisi free to air. Lalu, ada fitur Early Warning System.  Saat ini, pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah mengimbau masyarakat untuk menggunakan set top box televisi digital.

Manfaat TV Digital Set Top Box

Set top box memiliki fungsi utama membuat gambar dan suara yang ditampilkan menjadi lebih jelas. Selain itu, memiliki kualitas HD layaknya televisi digital, dibandingkan menonton siaran televisi analog. Anda yang sudah menggunakan televisi analog, tidak perlu mengganti televisinya, karena bisa menggunakan set top box.

Cara Pasang Set Top Box Antena UHF 

Pasangkan Antena UHF

Cara pemasangan set top box antena UHF yang pertama adalah memasang antena terlebih dahulu. Anda dapat memasang antena di lokasi yang telah ditentukan. Pastikan lokasi memiliki akses ke sinyal digital yang kuat. Anda juga harus memastikan pilar pendukungnya benar-benar kuat. Arahkan penerima ke sinyal TV digital terkuat. Hal ini akan sangat mempengaruhi kualitas gambar TV Anda nantinya. 

Instal dekoder

Setelah antena UHF terpasang, Anda tinggal memasang bagian set top box. Buka kemasan kardus set top box dan simpan top box di lokasi yang dekat dengan pesawat televisi. Pastikan penempatannya membuat perangkat ini mudah dijangkau.

Baca Juga : 5 Rekomendasi merk Antena TV Digital

Setelah itu, masukkan baterai ke terminal pada remote control. Anda kemudian akan menggunakan remote untuk mengakses saluran televisi yang Anda sukai. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkannya untuk mengakses berbagai fitur yang ada.

Menghubungkan Kabel

Cara pemasangan set top box selanjutnya adalah dengan menghubungkan bagian kabel. Di sini, Anda harus berhati-hati. Anda harus memastikan semua perangkat dimatikan. Jika tidak, Anda mungkin tersengat listrik. Ini sangat berbahaya, Anda tahu. Jadi berhati-hatilah!

Untuk menyambungkan kabel, Anda harus menyambungkan kabel antena UHF ke port RF di set top box. Hubungkan bagian kabel RCA. Jangan lupa, Anda juga harus menyambungkan kabel power dari set top box ke stopkontak dinding.

Pindai Bagian Saluran TV

Setelah semua kabel tersambung, tinggal nyalakan set top box dan TV Anda. Pada opsi menu yang muncul, ubah mode "input eksternal TV" ke mode "HDMI/AV". Nanti pilihan interface untuk Digital STB akan muncul. Melalui opsi ini, Anda dapat langsung memindai saluran atau saluran.

Untuk memulai pemindaian, klik tombol "Menu" pada remote control. Setelah itu, kamu pilih menu atau opsi "Search". Aktifkan dengan mengklik opsi "Pencarian Otomatis", dan menekan tombol "OK". Tunggu hingga proses pemindaian selesai. Setelah pemindaian selesai, semua saluran disimpan secara otomatis.

Itulah pembahasan mengenai Cara Pasang Set Top Box Antena UHF, semoga bermanfaat. 

Posting Komentar untuk "Cara Pasang Set Top Box Antena UHF "