5 Langkah Mudah Mencari Siaran K Vision yang Hilang

Cara mencari Siaran K Vision bisa dibilang sulit bisa juga dibilnag mudah. Sulit bagi yang masih awam di dunia Parabola dan mudah bagi yang sudah level pro atau minimal sudah sering megang parabola. Tapi jika anda penasaran dan berniat mau coba buat cari siaran, silahkan boleh dicoba.

cara mencari siaran k vision

Sebelum anda mencari siaran k vision yang hilang, ada baiknya anda mengenali dulu jenis Digital receiver dan Parabola yang anda punya. Sebab jika kita asal mencari saja serta tidak memperhatikan alat-alatnya percuma saja kita sudah menghabiskan banyak tenaga tapi tidak dapat siarannya.

Ada beberapa hal yang perlu anda pastikan sebelum anda memulai untuk mencari Siaran K Vision yang hilang :

  • Pastikan Digital receiver anda K Vision (dalam keadaan normal/ tidak rusak)
  • Pastikan tali kabel yang menghubungkan dari Digital ke Parabola normal (tidak ada yang putus)
  • Pastikan Parabola normal, tidak penyok serta rusak 
  • Pastikan ada remot jika tidak ada remot tidak bisa dan akan sulit

Jika anda sudah memenuhi dari syarat-syarat diatas, langsung saja ke caranya.

Cara mencari Siaran K Vision Bromo C2000 dan C1000 jalur C Band

cara mencari siaran k vision
tampilan menu kvision Bromo dan Cartenz
Cara ini khusus pengguna Parabola C Band / Parabola besar dan memakai Digital K Vision varian Bromo C2000 atau varian Cartenz C1000. Simak langkah-langkahnya :

  1. Pastikan instalasi kabel sudah terpasang dengan baik dan benar, perhatikan kabel parabola yang menghubungkan dari LNB ke Digital K Vision jangan sampai terlipat, sehingga akan menyebabkan putus. Perhatikan pula serabut putih yang ada pada masing-masing ujung tali kabel. Serabut tidak boleh bersentuhan dengan tembaga kuning.
  2. Pegang remot Kvision, tekan Menu, Pilih Peralatan, Pilih Hapus semua chanel, tekan oke, jika diminta kata sandi ketik 0000, akan ada perintgatan ''anda yakin untuk menghapus?'' Pilih Ya. sampai disini Digital K Vision anda tidak ada channelnya. Langkah ini diamksudkan agar anda mudah dalam proses scan, namun jika menurut anda langkah nomor 2 ini tidak perlu maka langsung saja ke langkah selanjutnya
  3. Selanjtnya, Pilih Instalasi, Pilih Telkom 4, lihat bagia kanan pastikan datanya sudah benar. Frekuensi LNB pilih 5150, Diseqc 1.0 dan 1.1 pilih saja Disable, 22k Pilih saja off, Power LNB pilih On, Polaritas Pilih Auto dan motor gerak pilih tidak ada.
  4. Pada Posisi satelit Telkom 4, tekan tulisat SAT pada remot, selanjutnya anda diarahkan ke daftar Transponder, disini anda cari frekuensi 3860 V 31000 dan 4060 V 31000 apabila sudah ada silahkan kedua nomor tadi dicentang dengan menekan tombol OK. Jika pada langkah ini bar sinyal dibawah tampilan masih merah itu tandanya Parabola anda tidak tepat mengarah ke Satelit Telkom 4. Namun jika sudah hijau, langsung saja ikuti langkah berikutnya
  5. Jika kedua nmor sudah dicentang klik tombol biru pada remot, kemudian ada peringatan Pencarian TP. Hanya FTA pilih saja tidak, cari channel pilih saja TV & Radio atau boleh juga TV saja. setelah itu pilih cari dan klik. Secara otomatis DIgital K Vision anda mencari saiaran dari kedua nomor diatas. Jika ada notifikasi pencarian selesa klik saja OK.

Sampai langkah ini harusnya Siaran K Vision anda sudah kembali ada. Jika belum ada, ulangi langkah-lankah diatas dan besar kemungkinan arah parabola anda tidak mengaah tepat ke Satelit.

Baca Juga : 2 Cara berlangganan K Vision mudah dan simpel !

Jika Parabola besar anda tidak ada sinyal anda perlu tracking sinya Telkom 4 untk mendapatkan siaran K Vision. Posisikan Digital K Vision anda seperti pada Poin 4 diatas. Jika sudah ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  1. Lihatlah 0 drajat pada atas bagian LNB. 0 drajat LNB harus sejajar menghadap matahari terbit atau terbenam. Jika meleset sedikit saja, maka sampai kapanpun anda tidak akan mendapatkan sinyal.
  2. Anda lihat parabola dari kejauhan, mundurlah beberapa meter sekitar 5-10 meter lalu lihatlah parabola anda, apakah sudah seimbang, apakah sudah simetris, jangan sampai tidak seimbang da parabola penyok-penyok, tentu ini akan memepersulit anda dalam mencari sinyal dan pastikan Parabola anda tidak tertutup Pohon atau atap rumah atau bangunan.
  3. Posisikan Parabola anda tegak lurus ke atas menghadap arah jarum jam 12, setelah itu geser sedikit demi sedikit, pelan pelan menuju arah barat sejajar dengan arah matahari dari timur ke barat. sampai kurang lebih mengarah ke arah jarum jam 1 sambil melihat pergerkan sinyal.
  4. Jika bar sinyal bagian bawah sudah berwarna hijau dan memiliki presentase sinyal minimal 63% itu tandanya anda sudah mendapatkan sinyal dan bisa melanjutkan langkah seperti pada Poin 5 diatas.

Itulah cara mencari sinyal pada parabola yang belum tepat mengarah ke telkom 4.

Cara mencari Siaran K Vision GOL jalur C Band

cara mencari siaran kvision
tampilan menu k vision GOL
Bagi anda pengguna K Vision GOL bisa ikuti langkah-langkah dibawah. Sekedar inforasi GOL adalah kepanjagan dari Gardiner Ottimo, Optus dan LG sat, jika disingkat dari ketiga digital diatas menjadi kata GOL. Berikut langkah-langkahnya :

  1. Tekan Menu pada remot pilih Edit Siaran lalu pilih Hapus semua lalu tekan OK
  2. Kembali ke Menu pilih Instalasi pilih Daftar TP, lalu ceklis nomor dengan cara tekan Ok pada nomor Frekuensi 3860 V 31000 dan 4060 V 31000. 
  3. Lalu tekan Cari dengan menekan tombol Biru Pada remot
  4. Akan muncul Peringatan Pencarian TP. FTA saja pilih tidak, TV/Radio pilih Semua, NIT search pilih tidak, lalu tekan Cari. Digital anda secara otomatis sedang mencari siaran
  5. Muncul peringatan dilayar, apakah ada ingin menyimpan Pilih OK.

Sampai disini harusnya K Vision GOL anda sudah mendapatkan siaran. Langkah selanjutnya adalah menyusun siaran yang sudah ada.

Demikian artikel ini dibuat semoga bia bermanfaat

Related Posts

Posting Komentar